Senin, 21 Januari 2008

Tips Menarik Pemasang Iklan di BlogAds

Berikut ini beberapa tips untuk sukses ‘menghipnotis’ advertiser di BlogAds:

Gunakan kalimat yg ‘menjual’ pada deskripsi adstrips Anda
Berbeda dengan pemasang iklan di AdWords, para calon advertiser di BlogAds biasanya mengamati terlebih dahulu situs Anda dan ‘penawaran’ yg Anda berikan pada deskripsi adstrips. Dua bagian inilah yg sebenarnya merupakan kunci pokok keberhasilan Anda di BlogAds.

Jadi, seperti tehnik pemasaran pada umumnya, gunakan kalimat2 yg menunjukkan kekuatan dan kelebihan situs Anda pada adstrips.
Tunjukkan pula kelebihan2 yg bisa didapatkan oleh pemasang iklan apabila mereka memutuskan untuk membeli kapling di adstrips Anda tersebut.
Cara yg paling gampang adalah dengan menyertakan statistik situs Anda, baik berupa unique visitors, page impressions, maupun perkiraan CPM.


Contohnya:

Advertise on this site and let your ads be seen by over 5,000 unique visitors everyday
Hindari over-promotion
Mungkin istilahnya kurang tepat (ada yg bisa koreksi?), tapi intinya, over-promotion yg dimaksud di sini adalah memberikan penawaran atau janji2 yg sebenarnya sulit atau tidak mungkin bisa terpenuhi. Ini terkait dengan poin 1 di atas.

Misalnya saja, di adstrips Anda menuliskan bahwa pengunjung unik situs Anda adalah 10,000 orang. Padahal pada kenyataannya yg datang hanyalah 1,000 orang.
Hal ini tentunya bisa membuat pemasang iklan kecewa dan enggan membeli spot adstrips di tempat Anda untuk kedua kalinya. Jangan salah, advertiser2 BlogAds biasanya setia loh, minimal mereka, jika puas, akan memasang iklan di adstrips yg sama selama dua kali berturut2.
Nah, daripada memberikan promosi yg berlebihan, justru lebih baik bila Anda ’sedikit merendah’ dalam mempromosikan situs Anda.

Efeknya akan dashyat karena advertiser akan merasa mendapatkan nilai lebih yg tidak dicantumkan pada deskripsi adstrips. Contohnya adalah dengan hanya menuliskan 75% - 80% dari jumlah pengunjung harian Anda.
Cara ini juga akan menghindari ‘accidental over-promotion‘ alias ‘promosi berlebihan yg tidak disengaja’.

Letakkan adstrips di lokasi yg strategis
Sidebar adalah lokasi yg umum. Dan biasanya, pemasang iklan akan lebih tertarik pada adstrips yg diletakkan di bagian atas situs (2/3 bagian layar monitor).

Layout situs yg menarik juga sedikit banyak akan membantu.
Multiple Adstrips = Multiple Income
Ya, mungkin ini agak aneh, tapi sejak saya memasang 2 buah adstrips di salah satu situs saya yg cukup rame, Top Sponsor dan Bottom Sponsor, jumlah iklan BlogAds yg masuk juga turut bertambah. Lebih aneh lagi, sebagian advertisers membeli iklan di KEDUA adstrips tersebut pada saat yg bersamaan.
Karena kurangnya research, belum banyak yg bisa saya sampaikan di poin ini.

Tapi mungkin yg berikut ini bisa dijadikan patokan dalam memasang multiple adstrips:
Bedakan harga iklan sesuai dng posisi adstrips. Beri harga tinggi pada adstrips yg berada di lokasi atas.
Beri jarak yg cukup antara adstrips satu dengan adstrips lain. Contohnya, jika satu berada di paling atas, letakkan adstrips lainnya di paling bawah.
Don’t go cheap


Tips terakhir untuk meraih sukses di BlogAds adalah, jangan terkesan murahan dengan menawarkan spot iklan dng harga murah. Advertisers di BlogAds kebanyakan adalah perusahaan2 yg cukup bonafid dan punya nama (termasuk MSN, CNN, dan HowStuffWorks), dan mereka lebih memilih mengeluarkan dana pemasaran besar untuk hasil yg lebih terjamin. Penentuan harga iklan sedikit banyak akan menunjukkan kualitas situs Anda, jadi, pilihlah harga yg benar2 pantas.
Jika bingung, cara paling mudah adalah dengan melihat harga iklan yg ditawarkan oleh kompetitor Anda dan ambil nilai tengahnya. Atau bisa juga dng menawarkan biaya iklan yg sedikit-lebih-murah dibandingkan tawaran kompetitor.


PS:

BlogAds adalah blog publisher network yg keanggotaannya bersifat tertutup, hanya melalui invitation dari member lain. Undangan pun hanya bisa diperoleh oleh anggota2 tertentu.

Created by Angeli / C1/ 64060390

1 komentar:

Unknown mengatakan...

infonya sangat membantu saya tentang masalah tersebut..
mksh atas infonya